Ada apa aja?

Senin, 02 September 2013

KKN itu Kuliah Kerja Nyantai

Udah lepas beberapa bulan saya gak otak atik blog usang ini. yah tepatnya sebelum KKN dan sebelum lebaran. hehehe....
hari ini saya mau cerita sedikit nih tentang KKN. kebetulan KKN ini saya di tempatkan di Juwiring, Klaten tepatnya di dukuh Pacing Alas. kalau ada KKN pasti ada kelompoknya. nah kebetulan banget, ini Kali pertama saya bertemu dengan teman-teman 1 unit KKN. kami belum ada yang pernah bertemu sebelumnya. kecuali 1 orang anak farmasi lahh ya.

ini nih geng nero saya di unit 41
Wahyu, bilal, rifki, suci, tika, lanny, mas bondan dan putri
Kami berasal dari jurusan dan fakultas yang berbeda. jadi wajarlah kalau pada awalnya kami gak kompak. wahyu dan tika dari akutansi, bilal dari teknik informatika, suci dari psikologi mas bondan dari ilmu hukum dan putri dari managemen. saya dan rifki dari farmasi. cuma rifki yang saya kenal, karena dia termasuk tim kreatif yang berada di divisi yang sama dengan saya di komunitas fotografi kampus dan beberapa kali pernah sekelas.

Tips dari saya sih 
Step 1 : Jadilah orang yang aktif ngumpulin teman satu unit kalau universitas udah ngumumin.
kenapa gitu?
soalnya semakin cepat kalian ngumpul, semakin cepat juga kalian kenalan. selain itu jangan lupa bahas struktur kepengurusannya. mulai dari ketua, wakil, sekretaris sampe bendahara. yang terpenting dan paling utama nih, kalian udah harus mikirin sekiranya program unit apa yang akan kalian jalanin. tapi sebelumnya kita ke step ke 2 dulu.

Step 2: Hubungi dengan segera dosen pembimbing lapangan untuk koordinasi.
Kalau mau aman ya, ikutin aja semua yang disuruh sama dpl 1 ama 2. insyaallah aman

sebelum kita terjun langsung ke lokasi KKN nih, biasanya tuh ada Observasi. 

Step 3: Maksimalkan pengumpulan data saat observasi
yap, observasi penting banget nih, soalnya ini yang nentuin program kamu bakalan gimana dan kayak apa. biasanya tuh KKN ada bidang-bidangnya, karena saya dari farmasi ya ngambilnya bidang kesehatan dan lingkungan hidup. jadi saya keliling wawancara warga, tokoh masyarakat dan teknisi kesehatan yang ada disana.

Step 4: Rancang Program
nih saya kasih contoh beberapa program KKN untuk farmasi yang barangkali masih ada yang bingung.
  1. Apoteker Cilik > targetnya anak SD kelas 5 dan 4 jelasin aja tentang penggolongan obat, apoteker, 8 star, swamedikasi, sama p3k.
  2. Apoteker Remaja > sama kayak Apocil cuma targetnya anak SMP
  3. Pola Hidup Bersih Sehat  Menggosok Gigi dan Cuci Tangan > tinggal sedia sabun cuci tangan pasta gigi dan sikat gigi aja
  4. Penyuluhan tentang penyakit yang banyak terjadi di masyarakat, mis. Hipertensi, asam urat
  5. Swamedikasi, pengobatan pribadi, mis diare
  6. Penyuluhan Informasi Obat > Misalnya cara penggunaan obat yang rasional
  7. Kampanye Informasi Obat > Misalkan tentang penggolongan obat, antibiotik, atau tentangobat tradisional
  8. Tanaman Obat keluarga > ini mudah sih, cuma biayanya rada besar gtu
  9. Cek > bisa cek golongan dara, tensi, asam urat dkk.
  10. Program Indonesia Sehat > misalnya penyuluhan sama ibu-ibu hamil tentang resiko hamil di usia tua atau informasi tentang menopause
banyak sih, yang terpenting adalah cek dulu dari akar masalahnya, misalnya nih. di suatu daerah banyak warganya yang menderita ISPA. setelah dicek ternyata itu karena lingkungan yang kotor. jadi dari situ bisa timbul banyak ide program, misalnya penyuluhan, pembersihan lingkungan dkk.

Step 5: Rancang program sesuai waktu, kalau bisa dilebihkan

Step 6 : Pintar-pintarlah memanipulasi

Overall KKN itu asik kok, cuma ya itu agak membebani aja sama target kejar setoran waktu. -__-"

Oh iya, pas KKN nih, saya dan teman-teman menyempatkan sebentar pergi ke kota Solo yang kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh. gak disangka saya bertemu teman lama yang uda lamaaaaaaa buanget gak ngobrol bareng hehehe.....
sumpah gokil banget bayangin aja, terakhir ketemu SMA itupun cuma sekali dan say hi! doang. ni orangnya
udah temen saya yang satu itu gak perlu disebutin namanya. kita skip aja!
Naaaah saya mau bagi-bagi foto nih, disana bagus banget bwt hunting foto, ni contohnya





yang jelas karena saya lebih jago foto landscape, so, yang fotonya landscape ya hasil jepretan saya klo yang ada saya nya mungkin itu jepretan teman saya. SALAM JEPRET!!!!!!!!!!


Eh SALAM KKN, KAMI BISA, KAMI LUAR BIASA, ALLAHU AKBAR

1 komentar:

yuda mengatakan...

aku baru mau kkn mbak.. pencerahan

Posting Komentar

 

(c)2009 What story happen Lanny???. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger